Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Berburu Beasiswa ke Selandia Baru

Kompas.com - 24/02/2012, 09:43 WIB
Ayu Rahayu Elfitri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selandia Baru membuka kesempatan kepada mahasiswa Indonesia lulusan S-1 untuk melanjutkan studi master dan doktoral di negara tersebut. Stijn Te Strake, Senior Adviser ENZ, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya pesat di dunia. Sementara, menurutnya, Selandia Baru adalah salah satu sektor pendidikan yang paling dinamis, sehingga banyak keserasian antar keduanya.

Kesempatan studi itu diberikan melalui New Zealand-ASEAN Scholars Award (NZ-AS) yang merupakan program beasiswa dari Selandia Baru bagi kandidat asal negara-negara ASEAN. Jenjang pendidikan yang bisa ditempuh S-2 dan S-3.

Sebanyak 50 beasiwa ditawarkan untuk Indonesia. Beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru (MTAF) melalui New Zealand Aid Programme ini mengharapkan, para kandidat mampu memaparkan relevansi program studi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan strategi pembangunan di Indonesia.

Beasiswa New Zealand-ASEAN Scholars Award memfokuskan pada bidang pertanian, geothermal, dan penanggulangan resiko bencana.

Apa saja kualifikasinya?

Beasiswa diprioritaskan:
- Calon pelamar dengan latar belakang kandidat dari Indonesia bagian Timur untuk mengembangkan dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk pembangunan di wilayah tersebut.
- Diprioritaskan yang berasal dari institusi pemerintah, baik dari Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lingkungan Hidup, dan lain-lain.
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimal 513, memiliki gelar akademik yang kut dan relavan sesuai kualifukasi yang diajukan, dan minimal memiliki pengalaman kerja 2 tahun.
 
Fasilitas yang ditawarkan dalam program beasiwa:
- Tiket pulang-pergi;
- Biaya pendidikan penuh;
- Tunjangan uang saku;
- Biaya hidup sehari-hari;
- Asuransi kesehatan dan perjalanan.

Bagi yang berminat, pendaftaran dibuka hingga 11 April 2012. Kandidar terpilih akan diberangkatkan ke Selandia Baru pada Februari atau Juni 2013, untuk menjalani studi di salah satu dari delapan universitas di negara tersebut, antara lain Auckland University of Technology (AUT), Lincoln University, Massey University, University of Auckland, University of Canterbury, University of Otago, Victoria University of Wellington dan University of Wakaito, dan Unitec Institute of Technology.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, silakan kunjungi situs web http://www.nzembassy.com/indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com