Dubes AS Kunjungi Pelajar Papua di Surya Institute - Kompas.com

Dubes AS Kunjungi Pelajar Papua di Surya Institute

Kompas.com - 24/02/2012, 17:06 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengunjungi pelajar Papua yang sedang mengenyam pendidikan di Surya Institute.

Dalam kunjungan di Gedung SuRe Center, Gading Serpong, Tangerang, Jumat (24/2/2012), Duta Besar AS berdialog dan memberi penghargaan pada pelajar Papua yang menunjukkan prestasi.

Pendiri Surya Institute Yohanes Surya mengatakan meskipun anak-anak Papua berasal dari daerah tertinggal, mereka dapat menunjukkan prestasi. Pendidikan yang baik dan guru berkualitas dapat mendongkrak kemajuan pendidikan di Papua.

Menurut Yohanes, ada pelajar Papua yang pernah memenangkan First Step to Nobel Prize. Pelajar Papua tersebut menempuh pendidikan di universitas di Amerika Serikat.

"Kini dia sudah kembali ke Indonesia. Bahkan, pernah bekerja di tanah kelahirannya, Papua," kata Yohanes.

Hadir dalam kunjungan Duta Besar AS beberapa Bupati dari Papua dan perwakilan dari Provinsi Papua.

Pada kesempatan ini, mahasiswa Papua yang kuliah di STKIP Surya menampilkan pertunjukkan kesenian. Selain itu, ditampilkan presentasi produk inovatif mahasiswa daerah tertinggal yang memakai sebanyak mungkin konten lokal.

Dalam kunjungan ini, Dubes AS memberikan penghargaan bagi pelajar Papua yang menunjukkan prestasi gemilang. Prestasi anak Papua antara lain di ajang Olimpiade Matematika dan Sains Asia bagi siswa SD, Olimpiade Astronomi Asia Pasifik, dan Olimpiade Robotik Internasional. 


EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X