Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru-guru SD Didampingi Isi Lembar Jawaban

Kompas.com - 25/02/2012, 09:37 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com Untuk pertama kalinya, guru-guru menjalani ujian kompetensi awal (UKA). Guru-guru yang masuk sebagai calon guru yang bakal disertifikasi tahun 2012 ini harus mengerjakan 100 soal pilihan berganda selama dua jam untuk guru kelas atau guru bidang studi.

Para guru yang telah lama tidak mengikuti ujian dengan mengisi lembar jawaban kerja (LJK) pun merasa deg-degan. Dari pantauan terhadap UKA guru di Bandar Lampung, Sabtu (25/2/2012), para guru diberi waktu sekitar 30 menit untuk mengisi data diri di LJK.

"Banyak guru SD yang usianya lebih dari 50 tahun. Mereka tidak terbiasa mengisi LJK. Supaya tidak ada kesalahan penulisan nama dan nomor peserta, pengawas ruangan memberi waktu 30 menit lebih awal untuk mengisi LJK. Pengawas memastikan tiap guru tidak salah mengisi LJK," kata Djuariyati Azhari, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung (Kepala LPMP Provinsi Lampung) yang memantau UKA di SMPN 25 Bandar Lampung.

Di Provinsi Lampung, peserta berjumlah 7.752 guru. Dari jumlah tersebut, sekitar 5.000 di antaranya adalah guru SD.

Para guru mengikuti UKA di 40 lokasi yang tersebar di 14 kabupaten. Para guru yang berhalangan ikut UKA dan memberikan surat izin akan mengikuti UKA susulan pada 29 Februari nanti.

Djuariyati mengatakan, kompetensi para guru memang masih rendah. Utamanya guru SD yang sudah tua dan belum sarjana. Mereka tetap perlu perhatian khusus dalam pengisian LJK.

Semua soal dibuat oleh lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK). Soal-soalnya cukup panjang sehingga guru perlu cermat.

Nanti, hasil ujian UKA dikirim ke Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta. Pengiriman LJK tiap provinsi ke Jakarta diberi waktu hingga hari Minggu besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com