Uji Kompetensi Awal Guru Dinilai Diskriminatif

Kompas.com - 25/02/2012, 16:33 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) untuk calon guru yang bakal masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2012, dinilai menimbulkan diskriminasi, khususnya terhadap guru SD.

Iwan Hermawan, Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), Sabtu (25/2/2012), mengatakan, dalam pelaksanaan UKA guru SD, rata-rata yang ikut telah memiliki masa kerja 20 tahun.

"Mereka harus bersaing dengan guru yg masa kerjanya 10 tahun ke bawah. Sementara teman-temannya pada tahun lalu cukup ikut pendidikan dan pelatihan profesi guru/PLPG," kata Iwan.

Iwan mengatakan, pada tahun lalu ada 15 guru SD di Kota Bandung yang gagal ikut PLPG, terpaksa harus ikut UKA tahun sekarang. Sejak dilaksanakan sertifikasi guru sekitar lima tahun lalu, baru tahun ini ada UKA. Sebelumnya hanya portofolio dan PLPG.

"Padahal UKA hanya tiket untuk nengikuti PLPG. FGII mensinyalir anggaran pemerintah yang tersedia untuk mengikuti PLPG tidak sesuai dengan jumlah guru yang memenuhi syarat sertifikasi, sehingga diadakan seleksi UKA," ujar Iwan.

UKA diikuti sekitar 286.000 guru di 33 provinsi. Ujian ini untuk menyaring 250.000 guru yang dinilai layak masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.