Inggris Ubah Peraturan Visa Pelajar

Kompas.com - 27/02/2012, 15:58 WIB
EditorKistyarini

Rencana perubahan peraturan mengenai visa Inggris membuat universitas dan sekolah unggulan di Inggris kehilangan daya tarik mereka untuk menjaring pelajar asing.

Pemerintah Inggris berencana melarang mahasiswa pasca sarjana asing bekerja kecuali mereka yang memiliki gelar tinggi dan mendapatkan gaji 20.000 poundsterling per tahun.

Rencana itu diumumkan pekan lalu oleh Menteri Imigrasi Damian Green.

"Kita harus terus menarik pelajar internasional yang terbaik dan terpandai tapi kita harus lebih selektif tentang siapa yang dapat datang ke negara ini dan berapa lama mereka dapat tinggal," kata Green.

Sebuah laporan bertajuk Pendidikan: Ekspor Terbaik Inggris mengatakan perubahan itu mengancam industri yang menyumbang 26 miliar poundsterling per tahun ke perekonomian Inggris pada 2025 dan dapat membuat para pelajar dan mahasiswa asing pindah dari Inggris ke AS atau Kanada.

Salah seorang penulisnya, Graham Able, yang mengepalai Dulwich College di London hingga 2009, mengatakan pada BBC News, "Inggris Raya sangat berkepentingan untuk menarik pelajar asing datang ke negara ini untuk bersekolah. Jadi apa pun yang berpotensi membuat para pelajar asing itu ragu untuk datang ke Inggris harus dipertanyakan.

"Inggris memiliki beberapa sekolah dan universtas terbaik di dunia, tapi pasar yang kita miliki terancam jatuh ke AS, Kanada, Australia."

Laporan itu didanai oleh Fraser White, presiden direktur Dulwich College Management International (DCMI) yang berbasis di Shanghai.

DCMI mengelola sejumlah sekolah dengan sistem Inggris di Asia Timur.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan reformasi itu akan mencegah pelajar datang ke Inggris untuk bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.