Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UN SMA/SMK di Papua Barat Naik 9 Persen

Kompas.com - 28/02/2012, 11:30 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com — Jumlah peserta ujian nasional di Papua Barat naik sekitar 5-10 persen, khusus untuk SMA/SMK naik sampai 9 persen.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Papua Barat Indra Worisio mengatakan, peserta UN tingkat SMA/SMK tahun 2012 sebanyak 9.323 siswa. Jumlahnya naik dibandingkan tahun lalu sebanyak 8.563 siswa.

Untuk jumlah peserta UN SMA naik dari 5.902 siswa menjadi 6.357 siswa. Sementara jumlah peserta UN dari SMK naik dari 2.661 siswa menjadi 2.966 siswa.

”Jumlahnya tiap tahun dipastikan naik karena jumlah siswa dari sekolah dasar terus bertambah,” ujar Indra yang juga Ketua Penyelenggara UN Papua Barat, Selasa (28/2/2012).

Adapun jumlah peserta UN tingkat SMP dan SD masih diverifikasi ulang. Data sementara peserta UN SMP sebanyak 12.664 siswa dan peserta dari SD 15.177 siswa.

UN untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan 16-19 April, SMP pada 23-25 April, sementara SD tanggal 7-9 Mei 2012. Saat ini Dinas Pendidikan menyiapkan ujian teori kompetensi bagi siswa/siswi SMK.

Master naskah soal ujian teori telah diterima dari pusat pekan lalu dan kini sedang digandakan di Jayapura. Soal-soal itu rencananya dibawa ke Manokwari dan didistribusikan ke 9 kabupaten/kota yang memiliki SMK pada 13 Maret.

Adapun ujiannya akan dilaksanakan 16 Maret 2012. Kemat, Kepala Seksi SMA/SMK Dinas Pendidikan Papua Barat mengatakan, target kelulusan SMA/SMK tahun ini 90 persen, sama seperti tahun lalu.

Untuk mencapainya, dilakukan pengayaan dan uji coba sebelum ujian dilakukan, serta memberikan kisi-kisi materi soal ujian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com