Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan untuk Siswa Miskin Ditambah

Kompas.com - 07/03/2012, 02:31 WIB

Jakarta, Kompas - Untuk mengatasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak, pemerintah akan memberikan bantuan langsung sementara masyarakat atau BLSM berupa uang tunai Rp 150.000 per bulan bagi masyarakat tidak mampu. Selain itu, akan diberikan juga bantuan bagi siswa miskin yang besarnya naik dari Rp 360.000 menjadi Rp 450.000 bagi siswa sekolah dasar dan dari Rp 580.000 naik menjadi Rp 700.000 bagi siswa SMP.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan hal itu seusai rapat koordinasi dengan kementerian terkait, Selasa (6/3), di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

”Bantuan akan diberikan lewat kantor pos. Sebanyak 18,5 juta rumah tangga miskin yang berhak mendapat bantuan akan diberi pemberitahuan dari kelurahan setempat setelah diverifikasi. Pengambilannya tidak bisa diwakili,” kata Agung Laksono.

BLSM yang akan berlaku sembilan bulan mulai April hingga Desember 2012 itu merupakan pengganti bantuan langsung tunai yang dahulu jumlahnya Rp 100.000 per bulan. Selain BLSM dan bantuan bagi siswa miskin, pemerintah juga akan memberikan bantuan beras bagi masyarakat miskin dan pemberian kupon transportasi.

Jika program paket penanggulangan ini tidak dilaksanakan, Agung khawatir angka kemiskinan akan meningkat 1,5 persen.

Selain membahas paket bantuan kompensasi, rapat koordinasi itu juga membahas mengenai pendidikan menengah universal. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pendidikan menengah universal 12 tahun akan mulai berlaku tahun 2013. Pemerintah menggunakan istilah pendidikan menengah universal dan bukan wajib belajar 12 tahun karena pembiayaan pendidikan ditanggung bersama antara pemerintah, masyarakat, dan pemerintah daerah. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com