Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Cheetah Pecahkan Rekor

Kompas.com - 07/03/2012, 17:01 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

MASSACHUSETS, KOMPAS.com - Robot Cheetah yang dikembangkan oleh US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memecahkan rekor kecepatan robot berkaki empat.

Robot yang tak berkepala ini bisa bergerak dengan kecepatan 29 km/jam. Robot pemegang rekor sebelumnya hanya mampu bergerak dengan kecepatan 21 km/jam.

Kecepatan tersebit berhasil dicapai Cheetah pada ujicoba di atas treadmill laboratorium. Ilmuwan DARPA berharap, robot segera dapat diujicoba di lapangan secepat mungkin.

Cheetah dikembangkan atas prakarsa DARPA dengan pendanaan dari Boston Dynamics, perusahaan di Massachusets. Proyek Cheetah adalah proyek pengembangan robot yang mampu bergerak cepat.

Versi cheetah yang ada saat ini masih tergantung pada pompa hidraulik. Namun, di akhir tahun ini, prototipe robot yang bergerak bebas sudah siap.

Proyek Cheetah sudah dimulai dari bulan Februari 2011. Selain mampu bergerak cepat, Cheetah diharapkan bisa membuat gerakan zig zag dan berhenti secara tiba-tiba.

Noel Sharkey, professor kecerdasan buatan dari University of Sheffield mengungkapkan bahwa rekor kecepatan yang dicetak oleh Cheetah mengagumkan.

"Dengan kecepatan melebihi kecepatn manusia, ini adalah langkah maju pada pengembangan robot pembunuh yang bergerak cepat, yang mampu menakhlukkan medan perang untuk berburu dan membunuh," kata Sharkey.

"Perhatian terbesar saat ini adalah tak ada kecerdasan buatan yang bisa membedakan lawan dan sipil, jadi jika ini beroperasi sendiri, dia akan melanggar hukum perang," tambah Sharkey seperti dikutip BBC, Selasa (6/3/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com