Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang ke Jepang untuk Pelajar dan Guru di Aceh

Kompas.com - 08/03/2012, 06:13 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Perhimpunan Alumni dari Jepang Daerah Aceh (Persada Aceh) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa dan guru di Aceh untuk mengikuti program beasiswa ke Jepang.

Beasiswa diberikan kepada para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh (Indonesia) termasuk di dalamnya beasiswa program untuk melanjutkan pendidikan diploma 3 (D3), sarjana (S1), pascasarjana (S2) dan doktoral (S3) di Jepang, Pelatihan guru, pertukaran pelajar (SMU) dan pertukaran mahasiswa.

Humas Persada Aceh, Dr. Muliadi Ramli, M.Si  mengatakan program beasiswa ini juga merupakan kerjasama Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Japan Student Services Organization (JASSO). "Sosialisasinya dilakukan pekan depan, presentasinya akan disampaikan langsung oleh perwakilan resmi dari kedutaan besar Jepang di Jakarta, dengan adanya sosialisasi ini para penerima beasiswa bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin," kata Muliadi, Rabu (7/3/2012)

Persada Aceh juga akan menggelar festival kebudayaan Jepang (Bunkasai) yang akan diisi oleh Japan Student Services Organization (JASSO) dari Tokyo. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang tata cara melanjutkan pendidikan ke Jepang, kehidupan di Jepang dan memberikan berbagai informasi jenis beasiswa yang disediakan baik oleh Pemerintah Jepang maupun pihak swasta di Jepang bagi para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh.

Dalam festival ini juga akan ditampilkan berbagai kegiatan terkait budaya dan masyarakat Jepang di antaranya, pameran benda seni Jepang, foto yukata (kimono musim panas), pameran bonsai dan suiseki, film Jepang, demo masakan dan bazar makanan-minuman Jepang, lomba mewarnai dan antraksi kesenian Jepang di antaranya aikido, aneka tarian dan paduan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com