Berburu Lowongan Kerja dan Beasiswa?

Kompas.com - 08/03/2012, 13:18 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

DEPOK, KOMPAS.com - Ada yang tengah berburu lowongan kerja atau beasiswa? Acara yang tengah berlangsung di Gedung Balairung Kampus UI, Depok, Jawa Barat ini mungkin bisa Anda datangi. Pameran bursa kerja dan beasiswa yang dimulai hari ini, Kamis (8/3/2012), akan berlangsung hingg 10 Maret mendatang. Sedikitnya 55 perusahaan dan 11 lembaga donor beasiswa turut mengisi pameran.

Ketua Career Development UI Sandra Fikawati mengatakan, acara ini bertujuan sebagai wadah yang mempertemukan antara pelamar kerja dengan penyedia lapangan pekerjaan.

"Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah mempertemukan individu yang ingin bekerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan juga memfasilitasi bagi lulusan yang ingin melanjutkan studi untuk bertemu dengan lembaga penyedia beasiswa," ujar Fika.

Ia mengungkapkan, ditargetkan sekitar 10.000 pengunjung akan memadati pameran ini. Sebagian besar, menurutnya, merupakan lulusan UI dan universitas-universitas lainnya dari seluruh Indonesia.

"Mereka (peserta pameran) tidak menutup kemungkinan kok untuk merekrut lulusan dari universitas mana saja. Walau pun, target kita memang buat lulusan UI. Jadi yang diterima tidak hanya dari mahasiswa UI," kata Fika, yang juga dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rangkaian kegiatan yang dari acara tersebut selain eksibisi, presentasi perusahaan mau pun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara, ada pula seminar-seminar. Seminar yang akan digelar di antaranya persiapan melanjutkan studi dan seputar karir. Para pengunjung yang ingin mengikuti acara ini disediakan fasilitas online yang akan memudahkan melakukan pendaftaran kerja mau pun beasiswa.

Fika juga mengungkapkan, biasanya, hampir lebih dari 20-25% pencari kerja berhasil direkrut dari berbagai perusahaan yang hadir dalam pameran ini. Pada tahun ini, persentase ini diharapkan meningkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.