SMK Jadi Pusat Pelatihan

Kompas.com - 17/03/2012, 15:08 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sejumlah SMK dipercaya menjadi pusat pelatihan siswa dan masyarakat, untuk pengembangan kewirausahaan. Potensi SMK terbuka jadi pusat pelatihan unggulan, karena memiliki peralatan dan sumber daya manusia.

SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, misalnya, sekitar lima tahun ini digandeng PT Bogasari, untuk menjadi Bogasari Baking Center SMKN 1 Cibadak.

Sekolah yang memiliki peralatan pembuatan roti dan kue berstandar industri ini, menjadi tempat pelatihan makanan berbahan dasar terigu untuk pemberdayaan masyarakat.

Yudi Karyudi, Kepala SMKN 1 Cibadak, Sabtu (17/3/2012) ini mengatakan, pemanfaatan SMK sebagai pusat pelatihan tidak hanya memberi dampak kepada siswa dan guru, terutama dalam pengolahan roti dan kue berbahan dasar terigu. Berbagai program pemberdayaan masyarakat, baik yang didanai pemerintah daerah maupun perusahaan swasta, juga pernah dilakukan sekolah.

Anisa Puspitasari, Instruktrur Bogasari Baking Center Sukabumi, mengatakan, SMKN 1 Cibadak merupakan satu-satunya sekolah dari 25 cabang Bogasari Baking Center yang ada. Praktik yang ditawarkan kepada siswa dan masyarakat umum, untuk mencetak wirausaha. Pelatihan secara langsung meliputi kelas roti, cake, pastry, mie, dan cookies.

Marlock, Koordinator Lapangan Forum Peduli Pendidikan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia, mengatakan, keberadaan SMK di berbagai daerah sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi daerah tersebut. Untuk itu, pemerintah daerah semestinya mendorong SMK-SMK yang mengembangkan keahlian sesuai potensi daerah dan bangsa, utamanya pertanian, perikanan, kelautan, dan seni budaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.