Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Jadi Pusat Pelatihan

Kompas.com - 17/03/2012, 15:08 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sejumlah SMK dipercaya menjadi pusat pelatihan siswa dan masyarakat, untuk pengembangan kewirausahaan. Potensi SMK terbuka jadi pusat pelatihan unggulan, karena memiliki peralatan dan sumber daya manusia.

SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, misalnya, sekitar lima tahun ini digandeng PT Bogasari, untuk menjadi Bogasari Baking Center SMKN 1 Cibadak.

Sekolah yang memiliki peralatan pembuatan roti dan kue berstandar industri ini, menjadi tempat pelatihan makanan berbahan dasar terigu untuk pemberdayaan masyarakat.

Yudi Karyudi, Kepala SMKN 1 Cibadak, Sabtu (17/3/2012) ini mengatakan, pemanfaatan SMK sebagai pusat pelatihan tidak hanya memberi dampak kepada siswa dan guru, terutama dalam pengolahan roti dan kue berbahan dasar terigu. Berbagai program pemberdayaan masyarakat, baik yang didanai pemerintah daerah maupun perusahaan swasta, juga pernah dilakukan sekolah.

Anisa Puspitasari, Instruktrur Bogasari Baking Center Sukabumi, mengatakan, SMKN 1 Cibadak merupakan satu-satunya sekolah dari 25 cabang Bogasari Baking Center yang ada. Praktik yang ditawarkan kepada siswa dan masyarakat umum, untuk mencetak wirausaha. Pelatihan secara langsung meliputi kelas roti, cake, pastry, mie, dan cookies.

Marlock, Koordinator Lapangan Forum Peduli Pendidikan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia, mengatakan, keberadaan SMK di berbagai daerah sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi daerah tersebut. Untuk itu, pemerintah daerah semestinya mendorong SMK-SMK yang mengembangkan keahlian sesuai potensi daerah dan bangsa, utamanya pertanian, perikanan, kelautan, dan seni budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com