Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah...Diam-diam Hutan UI Dibabat untuk "Driving Range"!

Kompas.com - 19/03/2012, 18:59 WIB
M.Latief

Penulis

DEPOK, KOMPAS, com — Secara diam-diam, beberapa bagian di areal hutan Universitas Indonesia (UI) ternyata telah ditebang habis. Berdasarkan pengamatan langsung beberapa rekan pehobi sepeda di areal tersebut, Sabtu (17/3/2012) lalu, peruntukkan pembabatan hutan itu direncanakan untuk pembangunan driving range atau area berlatih untuk pegolf amatir.

Selama ini, memang tidak ada pengumuman dari pihak UI akan membangun driving range. Hal itu tak seperti ketika UI akan membangun perpustakaan besarnya atau program-program pembangunan lainnya, yang bahkan sejak belum dibangun pun sudah diwacanakan oleh UI. Kali ini, pihak UI seperti ingin "kucing-kucingan", tak mau pihak luar tahu.

Terletak di batas hutan antara Markas Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Restoran Mang Engking, lokasi "hutan golf" ini memang tidak akan terlihat jelas dari jalan raya menuju ke kawasan Mang Engking atau Asrama Mahasiswa UI. Pasalnya, areal hutan yang dibabat itu dibuat lebih masuk ke dalam, sementara bagian hutan di pinggir jalan raya tetap dibiarkan berdiri, seolah untuk memagari.

Saat berita ini diturunkan, Kompas.com sedang melakukan konfirmasi langsung ke pihak UI. Sejauh ini bisa dikatakan, lebatnya hutan UI adalah bagian dari "paru-paru" yang menyegarkan di tengah semakin gersangnya Kota Depok dan sekitarnya. Bahkan, tercatat pada sekitar tahun 1996 hingga 2000 silam, UI pernah mencanangkan hutannya sebagai Hutan Kota UI dan dalam perencanaannya di bagian utara hutan itu seharusnya dibiarkan lestari sebagai hutan nan hijau.

Sayangnya, ketika Hutan Kota UI sudah berjalan dan dianggap selesai karena kini terlihat tumbuh menjadi hutan lebat, UI justru membabat sebagian di antaranya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com