Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Bantah Korbankan Penghijauan Hutannya

Kompas.com - 20/03/2012, 05:54 WIB
M.Latief,
Indra Akuntono

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Pihak Universitas Indonesia (UI) membantah perencanaan pembangunan driving range di hutan dalam Kampus UI, Depok, mengorbankan luasnya hutan UI. Pembangunan area latihan golf tersebut hanya satu dari sekian rencana pembangunan UI dalam rangka mendirikan Faculty Club dan beberapa tempat lainnya untuk menjamu tamu-tamu internasional.

"Benar, itu untuk Faculty Club dan beberapa tempat untuk menjamu tamu internasional. Ini bertujuan sebagai persiapan UI menjadi tuan rumah olimpiade universitas di dunia pada Juli mendatang. UI akan jadi tuan rumah olimpiade universitas di tingkat Asia," kata Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Devi Rahmawati, kepada Kompas.com, Senin (19/3/2012).

Devi membantah, bahwa UI telah mengorbankan hutannya untuk ditebang demi kepentingan tersebut. Ia beralasan, dalam 4 tahun terakhir ini UI baru menanam 3000 pohon baru di areal hutan UI.

"Ini upaya membangun wibawa bangsa dan negara, sama sekali tidak ada pengorbanan penghijauan hutan di UI. Malah nantinya tata kelola UI akan semakin baik," ujarnya.

Devi sendiri menggeleng ditanya ihwal luasan hutan yang telah dibabat dan dirata tanah itu. 

"Saya lupa angka pastinya," kata Devi.

Sebelumnya diberitakan, secara diam-diam, beberapa bagian di areal hutan Universitas Indonesia (UI) ternyata telah ditebang habis. Berdasarkan pengamatan langsung beberapa rekan pehobi sepeda di areal tersebut, Sabtu (17/3/2012) lalu, peruntukkan pembabatan hutan itu direncanakan untuk pembangunan driving range atau area berlatih untuk pegolf amatir.

Selama ini, memang tidak ada pengumuman dari pihak UI akan membangun driving range. Hal itu tak seperti ketika UI akan membangun perpustakaan besarnya atau program-program pembangunan lainnya, yang bahkan sejak belum dibangun pun sudah diwacanakan oleh UI. Kali ini, pihak UI seperti ingin "kucing-kucingan", tak mau pihak luar tahu (Baca: Wah...Diam-diam Hutan UI Dibabat untuk "Driving Range"!).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com