Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Pendidikan Seharusnya Sama di Seluruh Daerah

Kompas.com - 20/03/2012, 14:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

Jakarta, Kompas.com - Demi memenuhi amanat Undang-Undang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah seharusnya menyelanggaran pendidikan yang adil dan bermutu. Itu berarti kualitas pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia seharusnya sama.

Namun saat ini pendidikan yang diberikan pemerintah belum merata dan hanya terputas di beberapa daerah yang umumnya kota besar. Pakar pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Soedijarto mengatakan, pemerintah harus betul-betul menyiapkan anggaran pendidikan yang mampu menutupi beban operasional pendidikan nasional.

"Pemerintah harus menyamakan kualitas pendidikan," kata Soedijarto, saat ditemui Kompas.com seusai menghadiri judicial review UU Sistem Pendidikan Nasional tentang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (20/3/2012).

Menurutnya, pemerintah harus mampu memberikan standar pendidikan yang sama merata di seluruh sekolah di Indonesia. Mulai dari standar isi, sarana pendukung lainnya seperti laboratorium praktik, perpustakaan, sarana olahraga, dan prasarana lainnya. "Pemerintah harus serius dengan ini. Penuhi dan ratakan semua kebutuhan pendidikan nasional. Termasuk kantin dan sarana olahraga," ujarnya.

Sebelumnya, Guru Besar Emiritus UNJ itu menjadi saksi ahli dalam sidang judicial review UU Sisdiknas tentang RSBI. Dalam paparannya, ia banyak menyampaikan tentang penyelenggaraan RSBI yang tidak berkeadilan. Menurutnya, RSBI hanya menciptakan jurang antara siswa yang mampu secara finansial dengan siswa yang berasal dari golongan kurang mampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com