Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Selenggarakan International Student Summer Program

Kompas.com - 26/03/2012, 11:19 WIB

Kompas.com  - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menyelenggarakan International Students Summer Program bertajuk Dream 2012 di Yogyakarta pada 1-14 Juli 2012 yang mengangkat tema Pendidikan Alternatif.

Program Dream 2012 ini dapat diikuti mahasiswa, baik lokal maupun international tingkat strata satu (S1). Pendaftaran untuk program itu akan ditutup pada 15 April 2012.
     
Menurut penjelasan Rio RIni Diah Moehkardi, kepala kantor urusan internasiional UGM, praktif alternative education atau pendidikan alternatif yang sudah banyak dilakukan di banyak negara termasuk Indonesia, bertujuan untuk melengkapi kekurangan sistem pendidikan konvensional yang biasanya didasarkan pada partisipasi komunitas dan kesadaran terhadap lingkungan.

"Rangkaian program Dream akan mencoba untuk mendiskusikan tema ’alternative education’ dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk menjadi bagian dari sebuah praktik pendidikan alternatif," katanya.

Ia mengatakan Dream 2012 akan digelar selama dua pekan. Selama dua pekan peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan seperti "lectures", "tutorials", "short internship", dan "community services". Salah satu pembicara yang akan berpartisipasi adalah pendiri sekolah alam Kandk Jurank Doank, Dik Doank.

Peserta Dream juga akan diajak untuk belajar di lapangan dengan melakukan "short internships" ke beberapa institusi dan organisasi di Yogyakarta seperti SD Mangunan, SD Tumbuh, Madrasah Mualimin, Yakkum, Komunitas Sukunan Bersemi, Komunitas Cemara, dan Yayasan Kampung Halaman.
     
Selain itu, kata dia, peserta juga akan diberi kesempatan untuk mengenal lebih dekat masyarakat lokal dengan mengikuti program kuliah kerja nyata di Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
     
"Untuk lebih mengenal budaya dan pariwisata di Yogyakarta, kami juga akan mengajak peserta mengunjungi objek wisata dan lokakarya budaya seperti membuat bakpia dan batik," katanya.
     
Persyaratan untuk mendaftar menjadi peserta Dream 2012 dapat dilihat pada dream.ugm.ac.id atau http://oia.ugm.ac.id/dream. Pertanyaan mengenai program itu dapat menghubungi panitia di ugm.dream@gmail.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com