Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kirim 3 Mobil Teririt ke Malaysia

Kompas.com - 26/03/2012, 14:13 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan tiga kendaraan karya mahasiswa Fakultas Teknik UI, Senin (26/3/2012), di kampus Depok. Ketiga mobil itu merupakan mobil tim Shell Eco-marathon (SEM) yakni Nakoela, Sadewa, dan Arjuna, yang akan bertanding dalam kompetisi SEM Asia 2012 yang diadakan di Sirkuit Internasional Sepang.

Di antara ketiga mobil itu, salah satunya merupakan mobil listrik bertenaga baterai lithium, yakni Arjuna. Partisipasi UI dalam kategori mobil listrik merupakan pencapaian tersendiri dalam hal kemajuan teknik. Selain kategori itu, UI juga akan berkompetisi dalam kategori Internal Combustion Engine dengan bahan bakar bensin.

"Kami sangat bangga dengan prestasi dan pencapaian mahasiswa kami yang mampu berkreasi dan berinovasi dalam upaya merespon dan memberikan solusi pada kebutuhan akan kendaraan hemat energi di Indonesia," kata Rektor UI, Gumilar R Soemantri dalam sambutannya.

Dalam kategori mobil listrik, UI meletakkan harapan mereka pada modifikasi kendaraan Keris yang telah dipopulerkan di tahun sebelumnya (kini Arjuna V.4). Didukun oleh baterai sebagai sumber tenaga, Arjuna V.4 menghasilkan polusi yang sangat minimal dan menghasilkan getaran suara minimum. Tim ini memasang target di kisaran 350 km/1 kwh.

Kompetisi SEM sendiri bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa dan pelajar di bidang teknik untuk mengembangkan inovasi baru demi mobilitas berkelanjutan dan efisiensi bahan bakar di masa depan. Ini adalah proyek pendidikan yang mendorong dan mengayomi inovasi dimana mahasiswa dapat bekerjasama untuk mengeksplorasi potensi solusi transportasi masa depan.

SEM merupakan proyek pendidikan berkelanjutan yang menantang tim mahasiswa untuk merancang dan membangun kendaraan paling hemat energi. Pemenangnya adalah kendaraan yang dapat bergerak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com