UI dan Universitas Kuwait Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 31/03/2012, 11:47 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Kuwait menjalin kerja sama pendidikan yang dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) untuk program pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, dan kerja sama teknis.

Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Somantri dan Rektor Universitas Kuwait Prof Dr Abdullah Al Bader menandatangani MOU tersebut pada tanggal 26 Maret 2012, kata siaran pers KBRI Kuwait yang diterima Antara.

Prof Al Bader dalam sambutannya mengatakan, kedatangan rombongan Universitas Kuwait ke Indonesia ini adalah untuk membina hubungan kerja sama pendidikan sebagai pelaksanaan program "menoleh ke timur" yang dicanangkan oleh Rektor Universitas Kuwait pada 2012.  
     
Bagi Kuwait, katanya, kerja sama pendidikan dengan UI ini sangat penting untuk mendapatkan rupa pendidikan yang beragam, tetapi tetap pada satu tujuan, yaitu untuk kesejahteraan bagi masyarakat.
    
"Universitas Kuwait berkeinginan menjalin kerja sama pendidikan dengan Universitas Indonesia sebagai universitas yang memiliki kredibilitas dan kompetensi yang mumpuni," katanya.
    
Sementara itu, Rektor UI Prof Gumilar menyatakan bahwa Universitas Indonesia merespons positif atas kebijakan "menoleh ke timur" dari Universitas Kuwait. Gumilar mengungkapkan, UI sedang mencanangkan visi menjadi world class university yang tidak kalah dengan universitas-universitas terkemuka di luar negeri. Gumilar optimistis kerja sama ini akan menguntungkan bagi kedua lembaga pendidikan tersebut.  
    
Sebagai langkah awal, kedua pihak akan menyusun skema teknis dan pembiayaan mengenai pertukaran mahasiswa untuk masa belajar antara enam bulan hingga satu tahun, pertukaran dosen terbang, dan keberlangsungan program yang dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.