Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI dan Universitas Kuwait Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 31/03/2012, 11:47 WIB

KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Kuwait menjalin kerja sama pendidikan yang dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) untuk program pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, dan kerja sama teknis.

Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Somantri dan Rektor Universitas Kuwait Prof Dr Abdullah Al Bader menandatangani MOU tersebut pada tanggal 26 Maret 2012, kata siaran pers KBRI Kuwait yang diterima Antara.

Prof Al Bader dalam sambutannya mengatakan, kedatangan rombongan Universitas Kuwait ke Indonesia ini adalah untuk membina hubungan kerja sama pendidikan sebagai pelaksanaan program "menoleh ke timur" yang dicanangkan oleh Rektor Universitas Kuwait pada 2012.  
     
Bagi Kuwait, katanya, kerja sama pendidikan dengan UI ini sangat penting untuk mendapatkan rupa pendidikan yang beragam, tetapi tetap pada satu tujuan, yaitu untuk kesejahteraan bagi masyarakat.
    
"Universitas Kuwait berkeinginan menjalin kerja sama pendidikan dengan Universitas Indonesia sebagai universitas yang memiliki kredibilitas dan kompetensi yang mumpuni," katanya.
    
Sementara itu, Rektor UI Prof Gumilar menyatakan bahwa Universitas Indonesia merespons positif atas kebijakan "menoleh ke timur" dari Universitas Kuwait. Gumilar mengungkapkan, UI sedang mencanangkan visi menjadi world class university yang tidak kalah dengan universitas-universitas terkemuka di luar negeri. Gumilar optimistis kerja sama ini akan menguntungkan bagi kedua lembaga pendidikan tersebut.  
    
Sebagai langkah awal, kedua pihak akan menyusun skema teknis dan pembiayaan mengenai pertukaran mahasiswa untuk masa belajar antara enam bulan hingga satu tahun, pertukaran dosen terbang, dan keberlangsungan program yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com