Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran BOS di 9 Provinsi Lebih Cepat

Kompas.com - 08/04/2012, 11:13 WIB
Indra Akuntono

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, ada sembilan provinsi yang berinisiatif menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan II tahun 2012 sebelum waktu yang dijadwalkan.

Menurutnya, ini sebuah langkah strategis yang positif. Mengingat, jadwal penyaluran BOS triwulan II baru akan dimulai pada 9-16 April.

"Sembilan provinsi telah mencairkan BOS pendidikan dasar triwulan II. Itu membahagiakan, karena disalurkan lebih cepat dari waktunya," kata Nuh, Minggu (8/4/2012), saat ditemui di Makassar.

Ia menjelaskan, penyaluran dana BOS boleh lebih cepat disalurkan dari waktu yang dijadwalkan. Baginya, tiap-tiap provinsi diperkenankan mencari dana talangan untuk melakukan itu. Baik melalui bank daerah, maupun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Karena BOS ini pasti turun, itu boleh dan sangat bagus. Saya tidak ingat semuanya, tapi diantaranya itu Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan lainnya," ujar Nuh.

Untuk itu, kata Nuh, sembilan provinsi tersebut akan mendapat penghargaan dari pemerintah. Rencananya, penghargaan itu akan diberikan dalam bentuk piagam dan program rehabilitasi (ringan, sedang), program peningkatan kualitas guru, sampai pembangunan unit sekolah baru.

"Tentu harus ada penghargaan, agar memotivasi yang lain," ungkapnya.

Sebagai informasi, penyaluran BOS tahun ini diserahkan langsung ke sekolah melalui rekening provinsi. Berdasarkan pengalaman, BOS triwulan I memiliki hasil yang sangat baik karena pengawasannya dilakukan pemerintah secara online bekerja sama dengan pihak bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com