407.875 Siswa Jakarta Ikut Ujian Nasional 2012

Kompas.com - 10/04/2012, 17:36 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat ini, Ujian Nasional (UN) bagi semua peserta didik di seluruh Indonesia akan segera dilaksanakan. Untuk wilayah Jakarta, sebanyak 407.875 peserta didik akan mengikuti UN.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan bahwa UN dilakukan dalam rangka mengetahui hasil belajar siswa pada akhir masa satuan pendidikan. Selain itu, juga untuk mengukur kompetensi para peserta didik ini.

"Dari UN ini nanti dapat dilihat bagaimana pemerataan mutu program pendidikan dan dijadikan acuan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan berikut," kata Taufik, saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, sebanyak 65.164 peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ikut UN. Untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tercatat 49.884 siswa, untuk SMA Luar Biasa ada 62 siswa dan untuk Madrasah Aliyah sebanyak 4.833 siswa.

"Ujian untuk SMA sendiri mulai tanggal 16-19 April. Sementara untuk SMK 16-18 April. Untuk siswa yang sakit atau tidak bisa ikut ujian pada saat itu, ada ujian susulan pada minggu berikutnya. Pengumumannya sendiri pada tanggal 26 Mei," jelas Taufik.

Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan diikuti oleh 117.228 siswa, untuk SMP Luar Biasa sebanyak 97 siswa dan Madrasah Tsanawiyah sebanyak 15.521 siswa.

Ujiannya akan dilaksanakan dari tanggal 23-26 April dan diumumkan pada tanggal 2 Juni. Untuk peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ikut UN tercatat paling banyak yaitu 142.419 siswa.

Sementara untuk SD Luar Biasa ada sebanyak 117 siswa dan untuk Madrasah Ibtidaiyah ada sebanyak 12.490 siswa. Ujiannya akan digelar pada tanggal 7-9 Mei dan diumumkan pada tanggal 16 Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.