Naskah UN SMA Dibuat Lima Paket

Kompas.com - 10/04/2012, 18:31 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung mulai April ini untuk siswa sekolah menengah akan berbeda dari tahun sebelumnya. Naskah UN untuk siswa sekolah menengah baik SMP, SMA maupun SMK tahun ini terdiri atas lima paket.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan bahwa nantinya akan dibuat lima paket naskah ujian untuk tiap mata pelajaran yang akan dibagikan secara acak pada para peserta UN.

"Ini untuk mencegah kecurangan pada peserta didik. Juga untuk mencegah kemungkinan pelaksanaan ujian yang tidak jujur atau bocor," kata Taufik saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Sementara itu untuk naskah soal UN para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya terdiri atas satu paket saja untuk tiap mata pelajaran saja. Pembuatan dan penggandaan naskah juga ditangani langsung oleh masing-masing daerah. "Memang berbeda. UN untuk anak-anak yang duduk di bangku SD ini semacam latihan ujian," jelas Taufik.

Sedangkan pengadaan dan penggandaan naskah untuk SMA dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk naskah UN SMP, penggandaannya akan dilakukan oleh pusat dan provinsi.

Untuk naskah UN SMA dan setingkat nantinya akan didistribusikan langsung ke lima wilayah Jakarta. Berikut tempat-tempat yang ditunjuk menjadi tempat penerimaan bahan UN, untuk Jakarta Pusat di SMA Negeri 68, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu di SMA 13, Jakarta Selatan di SMA 70, Jakarta Barat di SMA 78 dan Jakarta Timur di SMK 26. "Naskah UN SMP nanti juga tidak jauh berbeda sistemnya seperti ini juga," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.