Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah UN SMA Dibuat Lima Paket

Kompas.com - 10/04/2012, 18:31 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung mulai April ini untuk siswa sekolah menengah akan berbeda dari tahun sebelumnya. Naskah UN untuk siswa sekolah menengah baik SMP, SMA maupun SMK tahun ini terdiri atas lima paket.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan bahwa nantinya akan dibuat lima paket naskah ujian untuk tiap mata pelajaran yang akan dibagikan secara acak pada para peserta UN.

"Ini untuk mencegah kecurangan pada peserta didik. Juga untuk mencegah kemungkinan pelaksanaan ujian yang tidak jujur atau bocor," kata Taufik saat jumpa pers di Balaikota, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Sementara itu untuk naskah soal UN para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya terdiri atas satu paket saja untuk tiap mata pelajaran saja. Pembuatan dan penggandaan naskah juga ditangani langsung oleh masing-masing daerah. "Memang berbeda. UN untuk anak-anak yang duduk di bangku SD ini semacam latihan ujian," jelas Taufik.

Sedangkan pengadaan dan penggandaan naskah untuk SMA dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk naskah UN SMP, penggandaannya akan dilakukan oleh pusat dan provinsi.

Untuk naskah UN SMA dan setingkat nantinya akan didistribusikan langsung ke lima wilayah Jakarta. Berikut tempat-tempat yang ditunjuk menjadi tempat penerimaan bahan UN, untuk Jakarta Pusat di SMA Negeri 68, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu di SMA 13, Jakarta Selatan di SMA 70, Jakarta Barat di SMA 78 dan Jakarta Timur di SMK 26. "Naskah UN SMP nanti juga tidak jauh berbeda sistemnya seperti ini juga," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com