Pengawas UN Tandatangani Pakta Kejujuran

Kompas.com - 11/04/2012, 12:13 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

MALANG, KOMPAS.com - Ratusan guru dan pengawas Ujian Nasional (UN) untuk SMA, di Kota Malang, Jawa Timur, menandatangani pakta intergritas kejujuran untuk Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada 16-19 April mendatang.

Penandatanganan pakta kejujuran untuk UN tersebut merupakan bentuk komitmen semua pihak sebagai bentuk pembelajaran mengantarkan sukses bagi siswa dengan bersikap jujur melakasanakan UN.

"Tak hanya siswa, para guru, pengawas UN, karyawan sekolah, Kasek, komite sekolah, dan dewan pendidikan, ikut menandatangani pakta kejujuran itu," kata H Moh Sulthon, Ketua Sub Rayon 03, yang juga Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Malang, Rabu (11/4/2012).

Menurutnya, yang terpenting dalam aksi ini adalah mendidik para siswa agar bersikap jujur dalam menghadapi persoalan apapun, terutama saat mengerjakan UN. "Pakta kejujuran jelang UN itu adalah instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur," katanya. Kota Malang, tambah Sulthon, hanya melaksanakan instruksi tersebut.

"Saya kurang tahu apa yang melatarbelakangi adanya penandatanganan pakta kejujuran itu. Yang jelas, bukan karena ada kasus di Malang. Pakta kejujuran itu untuk semua sekolah di Jatim," ujar Sulthon. "Semua SMA Negeri dan swasta wajib tanda tangan pakta kejujuran itu, jelang UN," tambahnya.

Penandatanganan Pakta Kejujuran bagi guru dan pengawas UN itu dilaksanakan di SMA Negeri 3 Malang, yang diikuti oleh Sub Rayon 03, yang menaungi 3 SMA Negeri dan Sub Rayon 05 yang juga menaungi 3 SMA Negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.