Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawas UN Tandatangani Pakta Kejujuran

Kompas.com - 11/04/2012, 12:13 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ratusan guru dan pengawas Ujian Nasional (UN) untuk SMA, di Kota Malang, Jawa Timur, menandatangani pakta intergritas kejujuran untuk Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada 16-19 April mendatang.

Penandatanganan pakta kejujuran untuk UN tersebut merupakan bentuk komitmen semua pihak sebagai bentuk pembelajaran mengantarkan sukses bagi siswa dengan bersikap jujur melakasanakan UN.

"Tak hanya siswa, para guru, pengawas UN, karyawan sekolah, Kasek, komite sekolah, dan dewan pendidikan, ikut menandatangani pakta kejujuran itu," kata H Moh Sulthon, Ketua Sub Rayon 03, yang juga Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Malang, Rabu (11/4/2012).

Menurutnya, yang terpenting dalam aksi ini adalah mendidik para siswa agar bersikap jujur dalam menghadapi persoalan apapun, terutama saat mengerjakan UN. "Pakta kejujuran jelang UN itu adalah instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur," katanya. Kota Malang, tambah Sulthon, hanya melaksanakan instruksi tersebut.

"Saya kurang tahu apa yang melatarbelakangi adanya penandatanganan pakta kejujuran itu. Yang jelas, bukan karena ada kasus di Malang. Pakta kejujuran itu untuk semua sekolah di Jatim," ujar Sulthon. "Semua SMA Negeri dan swasta wajib tanda tangan pakta kejujuran itu, jelang UN," tambahnya.

Penandatanganan Pakta Kejujuran bagi guru dan pengawas UN itu dilaksanakan di SMA Negeri 3 Malang, yang diikuti oleh Sub Rayon 03, yang menaungi 3 SMA Negeri dan Sub Rayon 05 yang juga menaungi 3 SMA Negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com