Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Pelajar ke Kompetisi Ilmuwan Muda Internasional

Kompas.com - 13/04/2012, 17:19 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Indonesia mengirimkan pelajar untuk ikut dalam ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-19. Tim Indonesia akan mengikuti kompetisi bergengsi ini pada 16-23 April 2012 di Nijmegen, Belanda.

Di tahun-tahun sebelumnya, tim ICYS Indonesia berhasil memperoleh perolehan tertinggi dalam merebut medali emas terbanyak di tahun-tahun sebelumnya. Lidya dari Surya Institute, Jumat (13/4/2012), mengatakan setibanya di Belanda, Tim ICYS Indonesia akan langsung diterima oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda di KBRI Belanda, Den Haag, Retno LP Marsudi.

Dubes RI direncanakan ikut dalam pembukaan ICYS pada tanggal 16 April 2012, dan sekaligus mengundang para peserta ICYS untuk hadir dalam ICYS ke-20 yang akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Indonesia telah diminta untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ICYS Tahun 2013, sekaligus untuk merayakan ulang tahun ICYS ke-20.

ICYS adalah lomba presentasi hasil penelitian untuk siswa sekolah menengah tingkat internasional. Bidang penelitian yang dilombakan adalah Fisika, Matematika, Ekologi dan Ilmu Komputer.

Kegiatan ICYS tersebut diinisiasi oleh dua universitas terkemuka di Hongaria dan Belarusiaa. ICYS pertama kali diselenggarakan pada tahun 1993 di Belarusia.

Setelah itu lomba ini  dilaksanakan secara bergilirian di negara-negara Eropa. Indonesia bergabung dalam komunitas lomba penelitian ini pada tahun 2005 dengan Prof. Yohanes Surya sebagai representative Indonesia untuk ICYS.

Pada kesempatan pertama tersebut, Indonesia berhasil merebut satu medali perunggu dan satu Special Award for Interesting Lecture. Pada tahun-tahun berikutnya, dengan pembinaan Surya Institute, prestasi Tim Indonesia terus meningkat secara signifikana.

Pada tahun 2009 Indonesia berhasil memenangkan medali emas untuk pertama kalinya, sekaligus meraih posisi tertinggi untuk perolehan medali (seluruh anggota tim Indonesia  meraih medali).

Adapun tujuan lomba ini diselenggarakan untuk menggali potensi peneliti muda yang kelak dapat berperan dalam penemuan dan pengembangan sains untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh umat manusia di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com