Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Wajib Belajar 12 Tahun Mendesak Diterapkan

Kompas.com - 16/04/2012, 22:14 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa rencana wajib belajar 12 tahun sudah sangat mendesak sehingga pada akhir tahun ini atau awal 2013 sudah harus diterapkan. "Kebutuhan warga Jakarta untuk wajib belajar 12 tahun itu mendesak. Kami akan segera realisasikan pada tahun 2013," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Jakarta, Senin (16/4/2012).

Ia mengungkapkan bahwa semakin lama tantangan di dunia pendidikan ini tidak lagi sederhana. Ditambah lagi, tuntutan warga akan kualitas pendidikan yang baik semakin besar membuat pihaknya harus segera merealisasikan wajib belajar 12 tahun ini. "Tentu harus direspon dengan program yang semakin berkualitas. Dengan begitu, akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas juga," ujar Foke.

Perbaikan di bidang pendidikan memang terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya terlihat dari meningkatnya alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk bidang ini menjadi 28,93 persen. "Lima tahun lalu, alokasinya hanya sekitar 20 persen. Sekarang sudah meningkat 28 persen lebih. Karena itu, harus diikuti juga dengan perkembangan yang baik," jelas Foke.

"Dengan begitu, Insya Allah tidak ada halangan yang berarti. Dan mulai tahun depan sudah tidak ada lagi warga Jakarta yang tidak meneruskan pendidikan ke SMA atau SMK," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com