Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Direvisi, LKS "Ideologi Komunis" Ditarik

Kompas.com - 18/04/2012, 00:46 WIB
M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Lagi, Lembar Kerja Siswa (LKS) bermasalah beredar di kalangan sekolah, terutama di daerah Sukabumi, Tangerang, dan Sukoharjo.

Hal ini diakui oleh penerbit LKS yang berada di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (17/4/2012).

Direktur CV Media Karya Putra, Saifullah Wali, pun meminta maaf atas kesalahan produksi yang dilakukan perusahaannya.

"Sebenarnya kesalahan awal adalah dari penulis, yang seharusnya menulis sebelas soal, tapi hanya ada sepuluh soal. Jadi jawaban yang tertera di buku hanya ada sepuluh sehingga yang semestinya soal nomor 4 ada dua jawaban, yaitu jawaban Adolf Hoeken dan komunis. Lalu jawaban nomor 5 bergeser ke nomor 6," kata Saifullah.

Di dalam buku LKS pegangan guru mata pelajaran PKN Kelas X Semester 2 Uji Kompetensi I halaman 13, pada soal nomor 5 tertulis, "Indonesia mengembangkan ideologi sendiri yang dinilai tepat dengan kondisi bangsa Indonesia yang dinamakan.... Jawab: Komunis."

Menurut penjelasan Saifullah, LKS yang telanjur beredar ada 500 buah dan untuk LKS pegangan guru ada 200. Pihaknya juga sudah melayangkan surat permintaan maaf dan sekaligus revisi terhadap kesalahan tersebut melalui surat tertanggal 20 Januari 2012.

"Saya juga meminta maaf atas kekeliruan ini dan tidak ada unsur kesengajaan di dalamnya," katanya.

Pihak perusahaan yang beralamat di Windan Baru RT 3 RW 7 Gumpang, Sukoharjo, ini juga berjanji akan menarik produk mereka yang bermasalah apabila diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com