Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Rangkat: Dari Maya Menjadi Nyata

Kompas.com - 19/04/2012, 03:26 WIB

Oleh: Hans Rangkat
kompasiana: triansyah

Dua bulan terakhir, Desa Rangkat, salah satu komunitas online di Kompasiana, sibuk mempersiapkan hajatan besar untuk berbagi kasih dan kepedulian, yakni mendirikan sebuah taman bacaan yang diberi nama ”Pojok Baca Rangkat”.

Taman bacaan untuk anak-anak yatim binaan Yayasan Dulur Salembur itu pun akhirnya diresmikan, Sabtu (14/4) kemarin. Yayasan yang berlokasi di Jalan Raya Serdang Kulon, Kampung Serdang, Panongan, Tangerang, Banten, ini merupakan lembaga sosial untuk anak-anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu.

Desa Rangkat merupakan akronim dari “diskusi elok sarat asah-asih-asuh dalam merangkai kata”. Anggotanya adalah para penulis, pembaca, dan orang-orang yang mempunyai minat dalam hal tulis-menulis. Sebagian besar anggotanya adalah Kompasianer, sebutan untuk para bloger di Kompasiana. Namun, banyak juga teman-teman dari blog selain Kompasiana ikut bergabung.

Desa Rangkat adalah desa yang maya. Namun dalam perkembangannya, Desa Rangkat membentuk jati diri seperti desa yang nyata, yakni melengkapi identitas desa dengan perangkat dan sosialita kehidupan desanya.

Tak heran jika Desa Rangkat juga memiliki kepala desa (kades), sekretaris desa, sekretaris pribadi kades, guru desa, pak RW, pak RT, dan perangkat desa lainnya. Anggota komunitas Desa Rangkat menyebutnya dengan peran. Ada ratusan peran yang dimainkan di desa ini.

Melalui peran ini, anggota Desa Rangkat memainkan atau menciptakan tulisan-tulisan fiksi yang dipublikasikan di salah satu kanal Kompasiana bernama Fiksiana  dengan tag ”desarangkat” atau ”desa rangkat”. Semuanya boleh bergabung dan menentukan peran masing-masing.

Saat ini jumlah anggota yang tergabung sekitar 430 orang. Dari permainan peran ini, sebuah buku fiksi kolaborasi berhasil diterbitkan dengan judul Untaian Aksara Maya Terjalin Nyata.

 

Pojok Baca Rangkat lahir dari ide-ide maya. Semuanya berasal dari maya: desa yang maya, peran yang maya, imajinasi yang maya. Namun, wujud dan tindakan nyata melalui kehadiran Pojok Baca Rangkat setidaknya telah membuktikan bahwa Desa Rangkat adalah nyata. [http://kom.ps/ABJjLq]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com