Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menikah, Dua Siswa SMA Batal Ikut UN

Kompas.com - 19/04/2012, 15:58 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Dua siswa sekolah menengah atas di Kota Banjarmasin mengundurkan diri dari ujian nasional (UN) karena ingin menikah.

Hal tersebut terungkap ketika Wali Kota Banjarmasin H Muhidin melakukan pemantauan kegiatan UN hari keempat untuk SMA di Banjarmasin, Kamis (19/4/2012).

Dua siswa urung ikut UN tersebut berasal dari SMAN 10 Banjarmasin. Di sekolah tersebut semula terdaftar 112 peserta UN. Namun, dua orang mengundurkan diri karena mau menikah.

Menurut Kepala SMAN 10 HM Gazali, ke-110 siswa yang ikut UN tersebut menggunakan enam ruang kelas, tiga ruang untuk mata pelajaran Kimia dan Biologi, sementara tiga ruang untuk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mata pelajaran Geografi dan Sosiologi.

Berdasarkan pemantauan Wali Kota yang diikuti pejabat lainnya itu terlihat suasana aman dan tenang. Lokasi SMAN 10 itu berada di pinggiran kota.

Wali Kota berharap walau SMAN 10 jauh dari kota, hendaknya para siswanya tetap mencapai kelulusan 100 persen dengan nilai baik dan memuaskan.

Kepada dua siswa yang mengundurkan diri tersebut, Wali Kota berpesan agar mereka tetap ikut ujian paket C agar bisa mengantongi ijazah SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Hesly Junianto menuturkan, pelaksanaan UN tingkat SMA, madrasah aliyah (MA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) sampai hari terakhir tidak menemui kendala yang berarti. "Sampai saat ini tidak ada laporan adanya kecurangan dalam pelaksanaan UN," katanya, Kamis (19/4/2012).

Berdasarkan catatan, sebanyak 4.535 siswa SMA dan MA se-Kota Banjarmasin mengikuti UN 2012 yang pelaksanaanya dimulai pada Senin (16/4/2012).

Selain siswa SMA dan MA, sebanyak 2.999 siswa SMK juga mengikuti UN. Mereka semua berasal dari 29 SMA, 8 MA, dan 17 SMK, baik sekolah negeri maupun swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com