Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ikut UN, pilih Sidang Kasus Curanmor

Kompas.com - 19/04/2012, 17:44 WIB
Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak empat siswa peserta Ujian Nasional (UN) di Kota Magelang, Jateng, menyatakan mengundurkan diri mengikuti UN yang telah dilaksanakan sejak 16 - 19 April 2012. Mereka adalah satu orang siswa SMA dan 3 orang siswa SMK.

Menurut Danang Susilandono, Seksi Pembinaan SMK Disdik Kota Magelang, alasan pengunduruan diri mereka beragam, seorang siswa SMA karena akan melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

Seorang siswa SMK beralasan karena ingin bekerja, Seorang siswa lagi karena maninggal dunia akibat kecelakaan dan seorang lagi beralasan lebih memilih mengikuti sidang kasus pencurian motornya.

"Alasan-alasan dari 3 siswa cukup masuk akal namun alasan terakhir yang memilih mengikuti sidang kasus pencurian motor itu sangat kami sayangkan," katanya, tanpa meyebutkan idenstitas siswa tersebut, Kamis (19/4/2012).

Danang mengaku pihak sekolah sudah beberapa kali melakukan pengarahan baik kepada siswa itu sendiri maupun dengan orang tua, namun yang bersangkutan tetap tidak akan mengikuti UN.

"Pihak Sekolah sudah lebih dari 3 kali ke rumahnya jauh-jauh hari sebelum UN, dibujuk secara persuasif, memberi pertimbangan-pertimbangan dan lain sebagainya, namun tidak berhasil. Ia tetap ingin ikut sidang kasusnya yang kebetulan bersamaan dengan jadwal UN, dan kami tidak bisa memaksa" katanya.

Meski mereka tidak ikut UN, kata Danang, tetap tidak akan diadakan ujian susulan, pasalnya mereka mengundurkan diri sebelum pelaksanaan UN.

Secara umum pelaksanaan UN SMA sederajat di Kota Magelang berjalan lancar. Seluruh peserta UN sebanyak 4.545 siswa baik SMK maupun SMA dapat mengikuti ujian sesuai jadwal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com