Berolahraga Sambil Baca di Perpustakaan Keliling

Kompas.com - 29/04/2012, 10:37 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -  Beberapa orang terlihat tekun membaca di karpet yang nyaman. Di sekeliling mereka, ratusan warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tampak berolahraga. Namun, hiruk pikuk suasana sekitar pada pagi yang sejuk itu tak mengganggu keasyikan mereka membaca.

Demikian suasana yang terlihat saat perpustakaan keliling beroperasi di Bundaran Besar, Palangkaraya, Minggu (29/4/2012). Perpustakaan berupa mobil minibus yang disediakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalteng itu, ditempatkan setiap hari Minggu.

Pustakawan BPAD Kalteng, Marwati, mengatakan, perpustakaan keliling bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat . Perpustakaan ditempatkan setiap pukul 06.00-08.00 atau hampir bersamaan dengan hari bebas kendaraan bermotor pukul 05.00-07.30.

Karena itu, tak hanya berolahraga, masyarakat Palangkaraya juga bisa membaca. Usai melatih fisik, mereka bisa melepas lelah sambil menambah pengetahuan dengan santai. Selain karpet, disediakan beberapa kursi. Cukup banyak bacaan yang dibawa perpustakaan keliling yakni sekitar 500 buku.

Bagian samping dan belakang kendaraan pembawa buku bisa dibuka, agar pengunjung leluasa memilih buku-buku yang hendak dibaca. "Mobil membawa komik, novel remaja, dan buku bertema keluarga. B uku-buku untuk dibaca santai sesuai suasana," kata Marwati .

Setiap Minggu, buku-buku diganti agar pengunjung tak bosan. Sebagian besar dari merek a yang datang adalah anak-anak. Pada hari kerja, perpustakaan keliling pergi ke panti asuhan, lembaga swadaya masyarakat, dan yayasan untuk menukar buku. Sebanyak 20 tempat dikunjungi den gan jarak terjauh 30 kilometer.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X