Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Yogyakarta Gelar Aksi 10.000 Buku

Kompas.com - 30/04/2012, 00:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pelajar Kota Yogyakarta akan menggelar aksi mengumpulkan 10.000 buku, sebagai salah satu wujud kegiatan Fertival Pelajar, dan bagian dari rangkaian kegiatan memperingari Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2012.

"Buku-buku yang nantinya terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Ketua Panitia Festival Pejar ’Dari Jogja oleh Pelajar untuk Indonesia’ Purwoko Aji, di Yogyakarta, Minggu (29/4/2012).

Menurut dia, penggalangan atau pengumpulan 10.000 buku itu akan diberi tajuk "Bendungan Buku", dan saat ini sedang dalam tahap pengumpulan.

Panitia, kata dia, akan membuka kesempatan kepada masyarakat umum yang berminat menyumbang buku hingga akhir Mei nanti.

Buku dapat diserahkan secara langsung ke sekretariat di Jalan Suhartono Nomor 2 Kotabaru, Kota Yogyakarta. "Kami berharap, sudah bisa menyumbangkan buku yang terkumpul pada akhir Mei," katanya.

Selain menggelar aksi menggalang buku, dalam Festival Pelajar ini juga digelar berbagai kegiatan lainnya, di antaranya cipta puisi, cipta film pendek, menulis cerpen, konvoi pelajar, dan seminar remaja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana yang membuka kegiatan Festival Pelajar tersebut mengatakan ini merupakan wujud apresiasi pelajar terhadap nilai-nilai kreativitas dan daya cipta.

"Pelajar yang kreatif, cerdas dan inovatif sangat dibutuhkan Kota Yogyakarta di masa yang akan datang," katanya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut akan memberikan kontribusi yang baik bagi Kota Yogyakarta, terutama meningkatkan keharmonisan di kota ini.

"Yogyakarta adalah kota multikultural. Keanekaragaman karakteristik menjadi warna tersendiri yang menghiasi kota ini, dan semoga keberagaman itu tetap harmonis, serta tumbuh selaras, serasi dan seimbang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com