Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Tutur Cerita Rakyat Manggarai Timur

Kompas.com - 01/05/2012, 19:18 WIB
Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Panitia Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara, menggelar lomba tutur cerita rakyat Manggarai Timur dari tingkat sekolah dasar/MI, sekolah Menengah Pertama/ MTs sampai tingkat SMA/MA dan SMK.

Kegiatan perlombaan dalam rangka Peringatan Hari pendidikan Nasional dimulai dari tingkat gugus, kecamatan, sampai tingkat Kabupaten.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Selamat Fransiskus kepada Kompas.com, Selasa (1/5/2012) di Borong.

Fransiskus menjelaskan, perlombaan tutur cerita rakyat merupakan yang pertama kali dilakukan demi mempertahankan cerita rakyat yang diwariskan leluhur di wilayah Kabupaten Manggarai Timur.

Selain lomba tutur cerita rakyat Manggarai Timur, Lanjut Fransiskus, lomba mata pelajaran juga digelar, lomba pidato bahasa inggris, lomba olahraga sepakbola, bola volley, sepaktakraw, permainan catur dan bulutangkis.

Semua kegiatan perlombaan ini digelar dari tingkat SD-SMA/SMK di enam kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur.

Lebih lanjut, Fransiskus menambahkan, peringatan Hardiknas tingkat Kabupaten Manggarai Timur dipadukan dengan Yubilium Gereja Katolik di Keuskupan Ruteng.

Upacara peringatan Hardiknas, lanjut, Fransiskus, akan dilaksanakan di Lapangan Bolakaki, belakang Terminal Borong, Rabu (2/4/2012) jam 08.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah.

Pada peringatan itu akan digelar atraksi tarian khas Manggarai Timur dari anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP dan SMK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com