Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Median: PKS Partai Tersolid

Kompas.com - 01/05/2012, 21:20 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari enam pasang bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, empat pasang berasal dari partai politik. Hingga saat ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih digadang-gadang sebagai partai politik yang tersolid sehingga memungkinkan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini untuk menang.

Direktur Eksekutif Median Media Survei Nasional, Rico Marbun, mengatakan bahwa dibanding tiga partai politik besar lainnya yaitu Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golongan Karya (Golkar), PKS merupakan partai yang memiliki konstituen paling loyal.

"Sampai saat ini, PKS adalah parpol dengan tingkat kesolidan tertinggi di Jakarta yang mendukung cagub rekomendasi parpolnya sendiri," kata Rico, di Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Berdasarkan survei yang dilakukan pekan terakhir April ini, sebanyak 78,55 persen konstituen dari PKS memilih Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini pada Pilkada DKI Jakarta 2012. Sementara itu, Partai Demokrat juga masih kuat dengan persentase 61,31 persen konstituen dari Demokrat memilih Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Sedangkan untuk pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, sebanyak 41,69 persen dari konstituen PDIP memilih mereka. Angka ini tidak berhenti mengingat masih ada sebanyak 35,36 persen dari konstituen partai koalisi yakni Gerindra yang memilih pasangan berciri khas kemeja kotak-kotak ini.

Yang mengejutkan adalah Partai Golkar yang hanya berada pada angka 6,13 persen konstituen Golkar yang memilih Alex Noerdin-Nono Sampono. Bahkan partai koalisinya yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Damai Sejahtera (PDS) tidak menyumbang sedikit angka pada survei konstituen ini.

"Dari sini terlihat Hidayat-Didik terlihat mengandalkan mesin partai untuk pemenangan secara teritorial. Untuk pasangan lain seperti Fauzi-Nachrowi dan Jokowi-Ahok, kekuatannya ada pada efektivitas kegiatan kampanye yang terpublikasi baik di media massa," tandas Rico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com