Kemdikbud Gelar Upacara Peringati Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2012, 08:58 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Mendikbud, Mohammad Nuh beserta jajaran seluruh pejabat eselon 1 Kemdikbud. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan negara.

"Khususnya bidang pendidikan, sebab pembangunan pendidikan merupakan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa," kata Nuh, saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Mantan Rektor Isntitut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini juga mengklaim jika selama ini pihaknya telah berupaya keras untuk memperluas akses layanan pendidikan dalam rangka memenuhi hak setiap anak bangsa. Terutama hak untuk mendapatkan pendidikan dasar yang bermutu melalui program Wajib Belajar (Wajar) Pendidikan Dasar sembilan tahun.

"Seiring dengan itu, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara juga terus berkembang dan menuntut kesiapan sumber daya manusia dengan kualitas yang semakin tinggi dan kompetitif. Pada saat yang sama, institusi pendidikan juga diharapkan benar-benar dapat menjadi tempat persemaian nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa," ujarnya.

Peringatan Hardiknas 2012 ini juga diikuti perwakilan pelajar, mahasiswa, guru, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan pegawai di lingkungan kantor pusat Kemdikbud. Peringatan Hardiknas tahun ini juga diramaikan dengan gelaran bazar yang digelar oleh masing-masing direktorat di lingkungan Kemdikbud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.