Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud Gelar Upacara Peringati Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2012, 08:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Mendikbud, Mohammad Nuh beserta jajaran seluruh pejabat eselon 1 Kemdikbud. Dalam sambutannya, Nuh mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum penting untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan negara.

"Khususnya bidang pendidikan, sebab pembangunan pendidikan merupakan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa," kata Nuh, saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Mantan Rektor Isntitut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini juga mengklaim jika selama ini pihaknya telah berupaya keras untuk memperluas akses layanan pendidikan dalam rangka memenuhi hak setiap anak bangsa. Terutama hak untuk mendapatkan pendidikan dasar yang bermutu melalui program Wajib Belajar (Wajar) Pendidikan Dasar sembilan tahun.

"Seiring dengan itu, tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara juga terus berkembang dan menuntut kesiapan sumber daya manusia dengan kualitas yang semakin tinggi dan kompetitif. Pada saat yang sama, institusi pendidikan juga diharapkan benar-benar dapat menjadi tempat persemaian nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa," ujarnya.

Peringatan Hardiknas 2012 ini juga diikuti perwakilan pelajar, mahasiswa, guru, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan pegawai di lingkungan kantor pusat Kemdikbud. Peringatan Hardiknas tahun ini juga diramaikan dengan gelaran bazar yang digelar oleh masing-masing direktorat di lingkungan Kemdikbud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com