Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anugerah Kekayaan Intelektual Dengan Hadiah Luar Biasa

Kompas.com - 02/05/2012, 17:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan memberikan anugerah kekayaan intelektual luar biasa (AKIL). Tahun ini, anugerah yang diberikan untuk ketiga kalinya itu menjanjikan hadiah yang cukup besar, yakni Rp 250 juta untuk 15 pemenang di empat kategori.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, AKIl tahun ini terhimpun atas kerjasama beberapa kementerian terkait, seperi Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ini kan kekayaan intelektual luar biasa, maka hadiahnya juga luar biasa," kata Djoko, Rabu (2/5/2012), di Jakarta.

Dijelaskannya, penyelenggaraan ini didasari oleh instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada sidang kabinet dan hasil keputusan Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (PHKI) agar memberikan anugerah kepada penghasil kekayaan intelektual.

Anugerah ini, kata Djoko, pertama kali dicetuskan pada 2009 lalu oleh Kemdiknas dan diperuntukkan kepada dosen, peneliti, dan masyarakat yang menghasilkan kekayaan luar biasa.

Selain untuk meningkatkan motivasi terus berkarya, anugerah ini juga merupakan apresiasi atas invensi dan kreasi di berbagai bidang bidang, seperti teknologi, ilmu pengetahuan, varietas tanaman, dan industri kreatif.

"Inovasi dan kreasi itu diharapkan dapat menggerakkan industri dan perekonomian, dan meningkatkan ilmu pengetahuan untuk persaingan bangsa," ujarnya.

Sebagai informasi, penerima anugerah AKIL adalah mereka yang lolos seleksi tim penilai independen dari unsur pemerintah, asosiasi, pengusaha, dan akademisi.

Penilaian berpedoman pada kriteria yang sesuai dengan kategori anugerah masing-masing, yakni kategori teknologi (penghasil paten), kategori varietas tanaman (penghasil PVT), kategori ilmu pengetahuan (penghasil hak cipta), dan kategori industri kreatif.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini, dan pengumuman calon pemenang akan diumumkan pada 20 Juli 2012 melalui www.anugerahkekayaanintelektual.com.

Sedangkan pemberian anugerah rencananya akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2012 oleh menteri terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com