Butet Manurung Luncurkan "Catatan Harian"

Kompas.com - 02/05/2012, 19:50 WIB
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktisi pendidikan alternatif, Butet Manurung, meluncurkan buku hariannya, Rabu (2/5/2012), di Jakarta. Buku berjudul "The Jungle School" ini banyak mengisahkan perjuangan sang penulis dalam mencerdaskan masyarakat di pedalaman rimba Sumatera, yang tinggal dan bergantung hidup pada keutuhan hutan.

"Sebenarnya ini bukan buku, tapi catatan harian yang saya kumpulkan," kata Butet. 

Buku setebal 252 halaman ini terbagi dalam dua bagian yang disajikan dalam bahasa Inggris. Bagian pertama merupakan kisa-kisah penulis dalam buku hariannya saat awal hadir dan mengenalkan baca tulis hitung pada komunitas orang rimba. Sementara pada bagian kedua, buku tersebut banyak menceritakan titik penting pemikiran Butet dalam mengembangkan pendidikan bagi orang rimba.

Butet mengatakan, dirinya sengaja menggunakan bahasa Inggris pada bukunya, dengan tujuan untuk menyebarluaskan gagasan mengenai pendidikan alternatif ke seluruh dunia. Selain itu, buku tersebut juga sebagai bagian dari upaya fund raising Sokola, yaitu lembaga pendidikan yang didirikan oleh dirinya.

"Sengaja menggunakan bahasa Inggris, mudah-mudahan bisa menginspirasi dunia," ujar Butet.

Dengan dukungan sejumlah pihak, buku ini bisa di dapatkan di sejumlah toko buku. Butet mengatakan, seluruh hasil penjualan buku ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan Sokola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.