Hardiknas dan Komitmen Anggaran Pendidikan

Kompas.com - 03/05/2012, 06:58 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorReza Wahyudi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pengamat pendidikan dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh M Yusuf Aziz mengemukakan, bahwa komitmen anggaran merupakan salah satu upaya membangun sektor pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

Momentum peringatan Hari Pendidikan nasional (Hardiknas) sudah seharusnya dimanfaatkan Pemerintah Pusat, daerah dan kabupaten/kota untuk mengevaluasi lagi alokasi anggaran yang cukup untuk sektor pendidikan di berbagai tingkatan.

"Melalui kebijakan anggaran yang sepenuhnya digunakan untuk pembinaan dan peningkatan penunjang pendidikan akan mampu memajukan pendidikan di seluruh Tanah Air," kata Yusuf Aziz, yang juga Dekan FKIP Unsyiah di Banda Aceh, Rabu (2/5/2012).

"Anggaran yang dialokasikan saat ini, yakni sebesar 20 persen belum sepenuhnya untuk pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan, karena di dalamnya termasuk dengan gaji," katanya.

Karena itu, ia menyarankan, pemerintah harus mengalokasikan anggaran secukupnya untuk meningkatkan berbagai sektor penunjang mutu pendidikan di seluruh provinsi di Indonesia. Ia mengatakan, komitmen anggaran yang lebih besar dalam sektor pendidikan akan mampu menghasilkan kualitas dan mutu pendidikan lebih baik di masa mendatang.

Yusuf menjelaskan, mewujudkan pendidikan bermutu dan berkualitas harus mengikuti semua standar, yakni dari sarana penunjang, guru, kurikulum dan manajemen pendidikan.

"Kita memiliki standar untuk pendidikan, namun dalam implementasinya belum berjalan maksimal," katanya.

Ia optimististis, jika diimplementasikan secara maksimal berbagai standar pendidikan secara nasional di Tanah Air akan mampu mewujudkan keinginan pemerintah menjadikan 2045 sebagai tahun emas bagi pendidikan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.