Google Rahasiakan "Source Code" Galaxy Nexus

Kompas.com - 05/05/2012, 16:11 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Android selama ini dikenal sebagai sistem operasi mobile bersifat terbuka (open source). Namun ternyata, Google merahasiakan kode penyusun (source code) Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang berjalan di Galaxy Nexus, yang tak lain adalah smartphone buatan Google bersama Samsung.

Dalam kasus hukum antara Apple dan Google, pengadilan meminta Apple untuk memelajari perbedaan antara source code Android yang bisa diunduh di situs resmi Android dan yang digunakan pada Galaxy Nexus.

Pihak Google menolak permitaan itu dengan jawaban, "Meskipun Google merilis beberapa versi Android melalui Android Open Source Project, namun fungsi internal yang berjalan pada Android di Samsung Galaxy Nexus merupakan rahasia dagang (trade secret) Google."

Kuasa hukum Google mengatakan, ini sama halnya ketika Apple enggan mengumbar kode iOS karena hal itu merupakan rahasia dagang.

Apa yang membedakan Android di Galaxy Nexus dengan Android yang berjalan di smartphone dan tablet dari vendor lainnya? Google tidak mengungkapkannya secara rinci. Yang jelas, Android di Galaxy Nexus terbilang istimewa karena lain dari pada yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.