Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Manado Pastikan Tidak Ada Soal UN Bocor

Kompas.com - 07/05/2012, 00:55 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Manado memastikan pelaksanaan Ujian nasional (Unas) SD di Manado berjalan lancar dan tidak ada kebocoran soal.

"Kami memastikan semua soal Unas SD di Manado aman dan tidak ada yang bocor, karena baru dibagikan akhir pekan ke sekolah penyelenggara," kata Kepala Dinas Pendidikan Manado, Dante Tombeg, di Manado, Minggu (6/5/2012).

Tombeg mengatakan saat penyerahan soal ujian dari Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Utara ke kabupaten dan kota, polisi melakukan pengawalan sehingga tidak ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Bahkan Tombeg mengatakan, setelah soal Unas diserahkan ke sekolah penyelenggara di Manado, mereka langsung mengamankannya dengan penjagaan polisi atau keamanan sekolah, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi kebocoran.

"Bahkan saat penyerahan soal ke sekolah kami sudah mengingatkan mereka, jika memang merasa sekolahnya tidak aman, bisa menyimpan sementara soal-soal tersebut di Polsek terdekat demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan," kata Tombeg.

Yang penting kata Tombeg, mereka berusaha menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk ikut ujian, agar mereka tidak takut dan siap mental dalam Unas ini, jangan melakukan cara-cara tidak terpuji untuk bisa lulus ujian.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado dari fraksi Partai Demokrat Jeane Rumimpunu mengatakan, mereka juga ikut melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang tak diinginkan.

"Kami mengingatkan Disdik Manado sebagai instansi yang berwenang melakukan berbagai langkah antisipasi, supaya jangan ada oknum-oknum tak bertanggungjawab memanfaatkan kesempatan melakukan hal-hal tak terpuji," kata Rumimpunu.

Sebab itu, ia mengatakan terus berkomunikasi secara intensif dengan Disdik mengenai hal ini dan mengingatkan mereka agar jangan lengah, supaya semuanya berjalan lancar.

Rumimpunu juga mengatakan mengingatkan penyelenggara ujian, agar mendorong para siswa percaya diri dengan kemampuan sendiri saat ikut ujian, dan jangan melakukan hal yang merugikan seperti mencontek dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com