Siswa Indonesia Rebut Emas dalam Olimpiade Fisika

Kompas.com - 07/05/2012, 11:43 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Para siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi dalam ajang bergengsi Olimpiade Fisika se-Asia. Kali ini tim Indonesia berhasil merebut dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu dalam Asian Physics Olympiad/APhO 2012 yang diadakan di India pada 30 April-7 Mei 2012.
    
"Sejak pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2000, siswa-siswi negara ini selalu berprestasi di APhO karena pelatihan yang cukup intensif," kata pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya, di Jakarta, Senin.
    
Peraih medali emas menurut keterangan dari pelatih yang mendampingi wakil Indonesia di India Dr. Hendra adalah Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Serpong) dan Erwin Handoko Tanin (SMA 1 Sutomo Medan).

 Samuel Wirajaya (SMAK Penabur Gading Serpong) berhasil mendapat medali perak dan peraih medali perunggu adalah Imawan Wicaksono Winarto (SMA St. Albertus Malang) dan Albert Datui (SMAK Penabur Gading Serpong).
    
Namun sejak beberapa tahun terakhir, Yohanes sebagai pelatih mengaku kesulitan merekrut siswa dengan bakat fisika yang berasal dari daerah karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak memperbolehkan siswa yang memenangi Olimpiade Fisika Nasional mengikuti APhO.
    
"Mereka yang menang Olimpiade Fisika Nasional akan diikutkan Olimpiade Fisika Internasional, sehingga akhirnya kami hanya menyeleksi siswa dari sekolah yang beminat yang umumnya merupakan sekolah swasta besar," kata dia.
    
Padahal, Yohanes berharap dapat menemukan bakat-bakat fisika yang berasal dari daerah selain ibu kota.
"Banyak sekali siswa dari kampung yang kalau diberi pelatihan intensif akan berprestasi di tingkat Internasional, contohnya siswa dari Makassar yang pada tahun 2006 lalu mendapat medali emas di APhO," kata dia.
    
APhO ke-14 tahun 2013 rencananya akan diselenggarakan di Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.