Android Sempat Rugikan Google pada 2010

Kompas.com - 08/05/2012, 05:09 WIB
EditorLaksono Hari W

KOMPAS.com — Sistem operasi mobile Android yang kini tengah mendulang sukses ternyata sempat mengakibatkan kerugian besar bagi Google. Kerugian itu terjadi di setiap kuartal sepanjang tahun 2010.

Hal ini terungkap dalam persidangan antara Oracle dan Google di Amerika Serikat, Kamis (3/5/2012). Dalam rapat dengar pendapat, Hakim Distrik AS William Alsup membacakan sepenggal data tentang laporan keuangan Android yang diberikan Google. "Android menyebabkan kerugian besar sepanjang tahun," kata Alsup dengan lantang.

Namun, Alsup tidak mengatakan jumlah pasti kerugian tersebut. Google pun enggan mengungkap informasi keuangan Android. Perusahaan mesin pencari itu hanya mengatakan, sistem operasi Android diluncurkan pada 2007 dan smartphone Android pertama mulai dikapalkan pada 2008.

Dalam gugatan Oracle kepada Google, yang telah berlangsung sejak Agustus 2010, Oracle menuduh perangkat lunak Android melanggar paten bahasa pemrograman komputer Java. Sejak mengakuisisi Sun Microsystem, Oracle kini menjadi pemilik sah atas paten Java.

Namun, Google meyakini produsen perangkat mobile dan pengembang software Android berhak menggunakan teknologi Java. Google mengatakan, Sun Microsystem, sebelum dibeli Oracle, telah menyatakan bahwa Java akan bersifat open source. Dengan demikian, pengembang software mana pun boleh menggunakannya dan melepas beberapa kode sumbernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.