Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Indonesia Raih Medali Olimpiade Iptek Internasional

Kompas.com - 08/05/2012, 06:51 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, Kompas.com — Enam siswa Indonesia meraih medali perak dan perunggu dalam Olimpiade Iptek Internasional, International Sustainable World Energy, Engineering & Environment Project Olympiad (I-SWEEEP 2012), yang digelar di Houston, Amerika Serikat, 3-6 Mei 2012.

Hal itu disampaikan dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (8/5/2012).  Keenam siswa itu antara lain Aristyo Rizka Darmawan dan Fuad Makarim Imran dari SMA Kharisma Bangsa, Banten. Keduanya meraih medali perak untuk kategori Lingkungan Hidup, dengan proyek penelitian berjudul  "Uses Chitosan and Natural Colorant as Raw Material Textile Surface Modifications".  

Sementara itu dua siswa lain, Dwi Astuti dan Tisa Mahdiansari dari SMA Al-Kautsar, Lampung, meraih medali perunggu pada kategori Lingkungan Hidup. Penelitian mereka berjudul "The Utilization of Dry Field By Using Trickle Irrigation Method With Coconut Fiber As Emitter".  

Sementara untuk kategori Enerji, Leonardo Ardianto dan Christian Edwin Pranata dari SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Tangerang, Banten, mendapat medali perunggu. Proyek penelitian mereka berjudul "Modification on a Centripetal Force Concept Based Vertival Axis Water Turbine". Ardianto dan Pranata juga memenangkan penghargaan lain di bidang Environmental Friendly Technology.  

Medali dan penghargaan diserahkan pada Minggu (6/5/2012) dalam acara puncak Award Ceremony yang diselenggarakan di George R Brown Convention Center, Houston. Anggota kongres AS, Sheila J Lee, menyampaikan keynote speech pada acara itu.  

Para siswa didampingi tiga orang guru, Nur Wijayanto dari SMA Kharisma Bangsa serta Sujarwo dan Tini Silvia Sakti dari SMA Al-Kautsar.  

Konsul Jenderal RI di Houston Al Busyra Basnur hadir pada Award Ceremony itu dan ikut menyerahkan sejumlah hadiah dan penghargaan kepada para pemenang I-SWEEEP 2012 dari beberapa negara.  

Olimpiade Iptek Internasional itu diselenggarakan Harmony Public School, Houston, dan didukung Cosmos Foundation. Olimpiade itu diikuti pelajar SMP dan SMA dari 68 negara dan 44 negara bagian AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com