SNMPTN 2012 Tampung 120.000 Mahasiswa

Kompas.com - 10/05/2012, 03:06 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya menetapkan kuota penerimaan mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi negeri tahun ini sebanyak 120.000 kursi. Calon mahasiswa yang diterima akan ditentukan melalui jalur undangan dan setelah mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan digelar secara serentak pada 12-13 Juni 2012.

Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka, mengatakan bahwa kuota 120.000 kursi penerimaan di seluruh PTN meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 118.233 kursi. "Semua ditentukan setelah ujian SNMPTN. Kenaikan kuota ini karena ada PTN baru dan beberapa PTN yang membuka program studi baru," kata Akhmaloka, Rabu (9/5/2012) di Gedung Kemendikbud, Jakarta.

Rektor ITB ini mengatakan, biaya SNMPTN jalur ujian tulis tahun ini ditetapkan sebesar Rp 150.000 untuk peserta kelompok IPS atau IPA. Adapun untuk peserta kelompok IPC (IPA dan IPS), biayanya sebesar Rp 175.000.

Bagi peserta yang memilih program studi dengan syarat mengikuti ujian keterampilan, selain membayar biaya ujian di atas, juga diwajibkan membayar biaya ujian keterampilan. "Biaya untuk setiap jenis keterampilan sebesar Rp 150.000 per calon peserta," ujar Akhmaloka.

Sebagai informasi, pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis dilakukan secara online melalui laman ujian.snmptn.ac.id. Seluruh hasilnya akan diumumkan pada Juli mendatang.

Baca tentang


    Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X