Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

57 Tim Robot Adu Pintar di KRI-KRCI 2012

Kompas.com - 12/05/2012, 13:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 57 tim robot dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur hari ini meramaikan Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 Regional IV di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Tema kontes robot yang diambil kali ini merupakan terjemahan tema tingkat internasional ABU Robocon 2012 bertajuk Peng On Dai Gat (In Pursuit of Peace and Prosperity) yang akan digelar di Hongkong pada 19 Agustus 2012 mendatang.

"Tema ini diartikan untuk saling berebut keberkahan di antara sesama kontestan," kata Panitia KRI-KRCI 2012 regional IV, Zainul Asrori, Sabtu (12/5/2012).

Dalam kontes tersebut, masing-masing robot akan diadu cepat dalam mengambil dan memindahkan balok yang dianggap sebagai bakpao. "Siapa yang paling cepat memindahkan bakpao di atas rute dan rintangan berhak menjadi pemenang, karena bakpao itu dianggap sebagai simbol keberkahannya," jelasnya.

Sama dengan tahun sebelumnya, KRCI juga akan dibagi dalam tiga divisi. Masing-masing adalah divisi Robot Beroda Cerdas Pemadam Api, Robot Berkaki Cerdas Pemadam Api, dan Battle Robosoccer Humanoid League. Untuk KRI, robot yang digunakan harus sesuai dengan standar internasional, yaitu satu robot manual yang dikendarai manusia dan dua robot otomatis.

Jumat (11/5/2012) kemarin kata Zainul, semua tim peserta kontes sudah sudah melakukan running test. Setiap tim robot diberikan alokasi waktu 10 menit untuk melakukan uji coba di arena. Dalam running test kemarin, juga dilakukan uji coba terhadap robot cerdas berkaki, robot cerdas beroda, dan robosoccer Humanoid. Sebelum running test, semua robot diharuskan melakukan pengukuran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com