Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Kerahkan Petani Keruk Rawa Pening

Kompas.com - 15/05/2012, 16:28 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

 

DEMAK, KOMPAS.com - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mewacanakan normalisasi Rawa Pening di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, secara gotong royong. Pengerukan itu dapat dilakukan dengan mengerahkan ribuan petani.

"Apabila memungkinkan, 5.000 petani dikerahkan mengeruk Rawa Pening sehingga air bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah di daerah sekitar, termasuk areal pertanian di Kabupaten Demak. Kalau kurang, bisa mengerahkan 10.000 petani," kata Dahlan Iskan saat berdialog dengan para petani di Desa Bango, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (15/5/2012).

Gagasan itu muncul untuk menanggapi pertanyaan Kumaidi, petani asal Kecamatan Wonosalam, Demak. Meskipun sifatnya gotong royong, katanya, tenaga kerja yang akan dikerahkan untuk membantu pengerukan rawa pening tersebut tetap akan mendapat bayaran. "Kami siap mendanainya," ujar Dahlan Iskan yang disambut dengan tepuk tangan para petani.

Menurut Dahlan, gagasan itu akan dibicarakan dengan Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Pasalnya, Bibit mempunyai kepedulian terhadap Rawa Pening yang mendangkal dan juga terhadap pertanian.

Selain mengerahkan petani, normalisasi Rawa Pening membutuhkan pula alat berat. Penyediaan alat berat itu bisa dilakukan Dinas Pekerjaan Umum.

"Saya akan menjadikannya sebagai agenda. Kalau memungkinkan bisa dilaksanakan pada musim kemarau sekitar bulan Agustus," tegas Dahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com