Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Robot dari Unibraw Siap Bertarung

Kompas.com - 16/05/2012, 17:11 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Tiga jenis robot karya mahasiswa dari tim robot Bhatara Fakultas Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, siap ikuti kompetisi nasional yang akan diselenggarakan di Bandung, Juni mendatang.

"Dalam kompetisi nasional di Bandung nanti, tim robot Bhatara FT Elektro UB itu, akan membawa tiga jenis robot. Pertama robot manual, yang dikendarai driver, robot kedua adalah robot otomatis, dan robot ketiga adalah robot collector," jelas salah satu perwakilan tim robot Bhatara FT Elektro, Muhammad Rizal, Rabu (16/5/2012), ditemui di kampus Unibraw Malang.

Tim Robot Bhatara sebelumnya, sudah berhasil menjadi juara tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), pada kompetisi regional Jawa Timur dan Bali pada tanggal 12 Mei lalu. Adapun kompetisi nasional robot yang akan digelar di Bandung itu, adalah kompetisi tahunan yang akan menjadi ajang untuk menyaring peserta di kancah internasional.

Kompetisi tersebut diadakan oleh Abu Robocorn, sebuah asosiasi robot di Asia Pasifik yang setiap tahun selalu mengadakan kompetisi dengan ikuti satu perwakilan dari universitas di salah satu negara. "Tujuan dari kompetisi Abu Robocorn itu, untuk mencari perwakilan dari Indonesia di kancah internasional. Aturan dalam kompetisi itu, bertema 'Peng On Dai Gat', yang berarti, tradisi budaya tahunan masyarakat Kota Hongkong mengambil bakpao di atap atau tower," beber Rizal.

Dalam kompetisi nanti, robot manual dengan dikendari driver, yang dibuat peserta kompetisi, harus bisa mengambil koin yang ditempatkan di boks khusus. "Setelah koin dimasukkan, robot otomatis boleh memulai pergerakannya untuk mengambil keranjang dan seterusnya. Disaat robot otomatis dijalankan, ada zona-zona yang harus dipatuhi, seperti zona robot otomatis tidak bisa dimasuki oleh robot collector, dan begitu sebaliknya," jelas Rizal.

Adapun tiga jenis robot yang disiapkan dalam kompetisi nasional itu, diakui sangat canggih komponennya dan lebih diefisienkan untuk mempersingkat waktu saat diikutkan dalam kompetisi. Desain robot dari tim Bhatara FT Elektro Unibraw tersebut adalah hasil jerih payah dari 10 mahasiswa.

Mereka adalah, Bagus Ilyas (semester 8), Tunggul Widiamurti (semester 8), Ikhsan Santoso (semester 6), Wahyu Suwito (semester 6), Raditya Arta (semester 6), Muhammad Rizal (semester 6), Very Hendriawan (semester 4), Basori (semester 4), dan Dikma H (semester 4).

"Proses pembuatan tiga jenis robot itu, memakan waktu lebih dari satu tahun. Membuatnya sangat lama, karena terkendala dana dan tidak tersedia lapangan khusus robot. Semoga dalam kompetisi nasional itu, tim kami bisa juara, bisa membawa nama baik Indoensia di level dunia," harap Rizal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com