Tiga Robot dari Unibraw Siap Bertarung

Kompas.com - 16/05/2012, 17:11 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MALANG, KOMPAS.com - Tiga jenis robot karya mahasiswa dari tim robot Bhatara Fakultas Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, siap ikuti kompetisi nasional yang akan diselenggarakan di Bandung, Juni mendatang.

"Dalam kompetisi nasional di Bandung nanti, tim robot Bhatara FT Elektro UB itu, akan membawa tiga jenis robot. Pertama robot manual, yang dikendarai driver, robot kedua adalah robot otomatis, dan robot ketiga adalah robot collector," jelas salah satu perwakilan tim robot Bhatara FT Elektro, Muhammad Rizal, Rabu (16/5/2012), ditemui di kampus Unibraw Malang.

Tim Robot Bhatara sebelumnya, sudah berhasil menjadi juara tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), pada kompetisi regional Jawa Timur dan Bali pada tanggal 12 Mei lalu. Adapun kompetisi nasional robot yang akan digelar di Bandung itu, adalah kompetisi tahunan yang akan menjadi ajang untuk menyaring peserta di kancah internasional.

Kompetisi tersebut diadakan oleh Abu Robocorn, sebuah asosiasi robot di Asia Pasifik yang setiap tahun selalu mengadakan kompetisi dengan ikuti satu perwakilan dari universitas di salah satu negara. "Tujuan dari kompetisi Abu Robocorn itu, untuk mencari perwakilan dari Indonesia di kancah internasional. Aturan dalam kompetisi itu, bertema 'Peng On Dai Gat', yang berarti, tradisi budaya tahunan masyarakat Kota Hongkong mengambil bakpao di atap atau tower," beber Rizal.

Dalam kompetisi nanti, robot manual dengan dikendari driver, yang dibuat peserta kompetisi, harus bisa mengambil koin yang ditempatkan di boks khusus. "Setelah koin dimasukkan, robot otomatis boleh memulai pergerakannya untuk mengambil keranjang dan seterusnya. Disaat robot otomatis dijalankan, ada zona-zona yang harus dipatuhi, seperti zona robot otomatis tidak bisa dimasuki oleh robot collector, dan begitu sebaliknya," jelas Rizal.

Adapun tiga jenis robot yang disiapkan dalam kompetisi nasional itu, diakui sangat canggih komponennya dan lebih diefisienkan untuk mempersingkat waktu saat diikutkan dalam kompetisi. Desain robot dari tim Bhatara FT Elektro Unibraw tersebut adalah hasil jerih payah dari 10 mahasiswa.

Mereka adalah, Bagus Ilyas (semester 8), Tunggul Widiamurti (semester 8), Ikhsan Santoso (semester 6), Wahyu Suwito (semester 6), Raditya Arta (semester 6), Muhammad Rizal (semester 6), Very Hendriawan (semester 4), Basori (semester 4), dan Dikma H (semester 4).

"Proses pembuatan tiga jenis robot itu, memakan waktu lebih dari satu tahun. Membuatnya sangat lama, karena terkendala dana dan tidak tersedia lapangan khusus robot. Semoga dalam kompetisi nasional itu, tim kami bisa juara, bisa membawa nama baik Indoensia di level dunia," harap Rizal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.