Belum Terakreditasi, tetapi Bisa Terbitkan Ijazah?

Kompas.com - 18/05/2012, 13:47 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin semua program studi di perguruan tinggi yang belum terakreditasi dapat tetap beroperasi dan mengeluarkan ijazah.

Meski demikian, jaminan itu hanya diberikan pada program studi yang, walau belum terakreditasi, telah mengajukan permohonan untuk diproses.

"Jika tidak boleh mewisuda dan mengeluarkan ijazah itu risiko kerugiannya terlalu besar. Maka tetap boleh. Namun, hanya mereka yang telah mengajukan permohonan, tetapi belum sempat diproses," kata Nuh, Jumat (18/5/2012) di Jakarta.

Nuh mengatakan, saat ini ada sekitar enam ribu program studi di perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum memperoleh akreditasi. Padahal, sejatinya, batas akhir proses akreditasi adalah Rabu (16/5/2012).

Ia menjelaskan, masih banyaknya program studi di PTS yang belum terakreditasi disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya, kata dia, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kewalahan melakukan proses akreditasi karena terbatasnya tenaga yang dimiliki.

"Jadi, banyak program studi yang belum selesai diakreditasi itu karena menumpuk di BAN-PT. Bukan karena kelalaian, melainkan karena kekurangan sumber daya, khususnya untuk melakukan tinjauan langsung," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, saat ini masih terdapat sekitar enam ribu program studi di PTS yang belum terakreditasi. Untuk itu, Kemdikbud berupaya memberikan payung hukum dengan membawa akreditasi program studi ke dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang masih terus digodok bersama-sama dengan DPR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.