Politeknik Maritim Segera Dibangun

Kompas.com - 18/05/2012, 14:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pemerintah Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau berencana membangun Politeknik Maritim untuk mengasah kemampuan kemaritiman anak-anak pulau setempat. Politeknik ini diharapkan sudah bisa menerima mahasiswa baru di tahun 2013.

"Tinggal menunggu pembangunan. Mudah-mudahan sudah bisa menerima mahasiswa baru pada 2013," kata Ketua Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (YPMI), Nada Faza Soraya, di Batam, Jumat (18/6).
    
Nada menyatakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah mengeluarkan izin pendirian Politeknik Maritim Natuna. Ia mengatakan Politeknik Maritim di Kabupaten Natuna merupakan awal dari rencana besar mendirikan Universitas Maritim yang selama ini menjadi perhatian YPMI.

Sebagai langkah awal, Politeknik Maritim di Natuna membuka dua jurusan yaitu Jurusan Teknologi Maritim dan Jurusan Kelautan dan Perikanan. Politeknik Maritim Natuna akan bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

"Pengajar-pengajarnya ada yang dikirim dari ITS juga, tapi ada juga dari pakar-pakar lain," katanya.
    
Rencananya, Politeknik Maritim menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang disubsidi Pemerintah Kabupaten Natuna. Mengenai penerimaan mahasiswa dari luar kabupaten yang berbatasan dengan Laut China Selatan itu, Nada mengatakan akan dibahas selanjutnya.
    
Menurut Nada, sebagai negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang luas, Indonesia membutuhkan lembaga pendidikan maritim.
    
"Selama ini, pengetahuan anak-anak kita tentang maritim sangat terbatas, makanya dibutuhkan lembaga pendidikan yang mengajar ilmu maritim," kata dia.
    
Sebenarnya, kata dia, Provinsi Kepulauan Riau sudah memiliki perguruan tinggi maritim Universitas Maritim Raja Ali Haji. Namun, meski bernama universitas maritim, belum ada jurusan khusus tentang kemaritiman.
    
"Indonesia harus mengembangkan kemaritimannya agar dapat menjadi negara yang kuat. Untuk itu dibutuhkan anak-anak yang paham tentang maritim," kata dia.
    
Politeknik Maritim Natuna diharapkan akan melahirkan anak bangsa yang memiliki pengetahuan cukup tentang kemaritiman agar seluruh potensi kelautan dan pantai Indonesia bisa tergarap.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.